Saturday, July 16, 2011

Tips Ujian

Hello!
Buat kalian khususnya anak kelas 3, terutama kelas 3 SMA, mungkin ada yang lagi uring-uringan karena tinggal beberapa bulan lagi sekolah, abis itu jadi mahasiswa! Eits... Tapi sebelum jadi mahasiswa, pastinya kita ngalamin ujian dulu dong! Mulai dari UN, SNMPTN (ga termasuk kamu yang dapet undangan ya), bahkan ujian mandiri!

Naaah... untuk melewati itu semua... Kita punya beberapa tips buat kalian nih...

1. Buat jadwal belajar
Ini penting, dan satu hal yang mesti kalian CAMKAN: harus konsisten dengan jadwal yang kalian buat sendiri! kalo ngga? ya jadwal berantakan, yang ada malah ga belajar-belajar.
2. Punya "partner" senasib sepenanggungan
Dengan punya temen yang bisa saling ngontrol satu sama lain, jadi belajar kita bisa lebih terarah. Ga perlu banyak-banyak. Satu aja juga udah cukup. Asalkan emang bener2 saling ngontrol, saling ngajarin di bidang masing2 yang dikuasai, bahas soal bareng2, dsb.
3. Jangan ngeremehin TO!
Nah! ini penting nih. Kebanyakan dari kita mungkin sama sekali ga belajar kalo ada TO. Padahal TO seminggu sekali, tetep aja ga belajar2. Yang ada nilai gitu2 aja dan ga ada kenaikan sama sekali. Eh, tiba-tiba waktu Ujian tinggal beberapa minggu lagi! Nahloh, jadi kalang kabut kayak orang kebakaran jenggot?! Sooo, jangan pernah ngeremehin TO ya! TO itu penting, belajar yang serius tiap ada TO, kalo udah keluar hasilnya, liat masih salah dimana sih?? Lalu, pelajarin & ulang-ulang terus bab yang kamu ga ngerti. Oh iya, kalo dapet nilai TO yang kurang memuaskan, ga usah kecewa, tapi terus semangat dan pantang menyerah!

4. Latihan Soal
Ga kalah penting, LATIHAN SOAL!! Kalian bisa ngedownload soal-soal yang ada di blog ini, atau ngerjain dari buku latihan soal (kan enak tuh ada pembahasannya), atau soal-soal dari buku bimbel kalian, kalo kita saranin, kalian coba kerjain tiap hari dengan metode: 15 math, dan masing-masing 5: english, indo,fis,kim,bio,eko,geo,sos
5. Dibawa santai
Udah kelas tiga bukannya berarti belajar-belajar-belajaaar teruss.. tapi justru harus dibawa santai! jangan stress nanti kalo ga lulus (jangan sampe deh) malah bunuh diri dsb (ini juga jangan sampe!) belajar sambil nyantai aja. paling belajar sehari 3-5jam tapi ada "istirahatnya" jangan langsung di forsir 5 jam langsung! yang ada otak panas bawaannya molor deh! hahaha. Jadi gini, misalnya 1,5 jam belajar, abis itu istirahat: makan, mandi, nonton tv, online, sholat, dsb, nah! nanti baru deh belajar lagi.
6. Jaga kesehatan
Mau ujian, udah siap perang, eh tiba-tiba sakit?! Nah, untuk menghindari hal ini, kalian harus jaga pola makan (kalo bisa keseharian makannya sayur, ikan, tempe, tahu, dan jauhin junk food, produk2 instan,dsb)! terus... untuk bikin otak tambah bisa berpikir dengan cling dan ga galau, kita juga perlu olahraga! biar banyak oksigen masuk ke otak. Ga perlu susah-susah, cukup jogging aja atau sekedar main sepeda 15menitan... :)
7. Jaga prilaku
Asal kalian tahu, tiap ujian (mungkin lebih banyak kejadian di SNMPTN atau UM lainnya) bahwa faktor ini juga mempengaruhi, lho! Baik-baik sama Ortu, nurut dan 'iya'in aja apa yang mereka bilang deh.. terus juga, banyak-banyakin sedekah, mulai dari pasang tampang senyum terus sampe ngebantu orang lain (ga mesti sedekah, bisa aja bantuin mbo' ngangkatin jemuran, atau apalah itu!, jadilah si ringan tangan ya)

Yang terakhir dan yang paling pentiiiiing: DO'A!
YA! do'a seorang hamba pada Tuhannya pasti didengar oleh Yang Maha Pencipta, berdo'alah dengan penuh keyakinan dan percaya, dan ingat, bahwa Tuhan itu sangat dekat dengan kita!

No comments:

Post a Comment